Pengikut

Jumat, 08 Januari 2010

Pemanfaatan kain perca sebagai bahan kerajinan.

Kain perca adalah potongan kain yang biasanya tidak dipakai lagi oleh produsen kain, atau industri garmen. Kain perca yang biasanya hanya dibuang di tempat sampah dapat anda pakai sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Penggunaan kain perca sebagai bahan untuk membuat kerajinan dapat mengurangi sampah yang akan dibuang, dan bisa menambah penghasilan.Kain perca yang dianggap sebagai sampah dapat dijadikan bahan untuk mendapatkan uang.

Jika anda memiliki perusahaan yang bergerak dalam industri garmen, atau anda dekat dengan industri kain, sehingga bahan baku mudah didapat, usaha pemanfaatan kain perca merupakan solusi dari usaha anda. Dengan ketersediaan bahan baku yang ada secara kontinyu, usaha anda dapat anda jalankan secara lancar.

Kain perca yang ada, dapat anda sulap menjadi lap, kain pel, keset, pembungkus bantal atau boneka. Yang dibutuhkan untuk membuat usaha ini adalah kreativitas dari diri anda sehingga bahan tersebut yang aslinya sampah bisa ditingkatkan nilai ekonomisnya. Bahkan jika anda mampu mengelola usaha ini secara benar, hasilya bisa mengalahkan pekerjaan anda sekarang, bagaimana tidak jika ongkos bahan bakunya dapat anda dapatkan dengan harga yang sangat murah karena dianggap sampah sedangkan kalau sudah jadi barang kerajinan bisa dijual dengan harga yang mahal, perbandingan biaya yang besar inilah yang menjadi keuntungan terbesar anda.
Target sasaran

Usaha pemanfaatan kain perca dapat anda jual kepada semua orang, terutama adalah keluarga – keluarga yang memiliki rumah. Kebutuhan untuk mempercantik rumah pasti menjadi idaman banyak keluarga, menawarkan kerajinan kain perca kepada ibu – ibu adalah pilihan terbaik.
Hambatan

Hambatan yang mungkin terjadi adalah ketersediaan bahan kain perca ini secara kontinyu , karena dalam berbisnis seharusnya bisa menghasilkan produk secara periodik. Hambatan yang kedua adalah tentang warna dan keseragaman, mengingat bahan yang dibuat adalah bahan sisa keseragaman dalam warna dan bentuk kerajinan terkadang susah di capai.
Penentuan Harga

Harga sebuah barang dapat dikalkulasi berdasarkan bahan baku dan ongkos – ongkos lain beserta keuntungan yang ingin diraih. Namun perhitungan harga juga harus mempertimbangkan harga barang sejenis di pasaran. Misalkan anda menjual lap makan dari kain perca, maka harga jualnnya sebaiknya sedikit lebih murah dibandingkan lap yang terbuat dari kain handuk misalnya. Selisih harga bahan baku merupakan senjata utama dalam persaingan merebut pasar.
Modal usaha

Modal usaha yang diperlukan untuk membuat usaha pemanfaatan kainperca ini adalah sebuah mesin jahit, dan beberapa peralatan jahit seperti gunting, jarum dan pola. Selebihnya adalah kain perca berbagai ukuran yang dapat anda dapatkan baik dari sisa pabrik, atau anda membelinya dari industri garmen atau konveksi dengan harga yang sangat murah.

Bidang usaha pemanfaatan kain perca paling banyak membutuhkan kreatifitas dibandingkan usaha yang lain. Kreatifitas dibutuhkan untuk merubah barang yang kurang menarik dan tidak berguna menjadi menarik mata memandang dan berfungsi lebih produkti . Semakin tinggi kreasi seorang pengusaha, semakin banyak produk yang bisa dihasilkan dan semakin menarik barang yang bisa dihasilkan. Maka sebaiknya anda juga menambah wawasan tentang desain produk apa yang menarik saat sekarang sehingga barang seni anda tetap mengikuti selera jaman. Selamat ber wiraswasta.

0 komentar:

Poskan Komentar

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format
 

Designed by: Compartidísimo
Some images by: Scrappingmar