Pengikut

Jumat, 08 Januari 2010

Catering untuk karyawan kantoran dan mahasiswa

Usaha catering memang sudah banyak ada di kota – kota besar, namun usaha ini bisa dipersempit cakupannya dengan mengambil pangsa pasar yang spesifik seperti untuk mahasiswa dan pekerja kantoran di kos – kosan . jenis usaha catering dengan pangsa pasar yang berbeda ini akan membuat usaha anda berbeda dengan usaha catering yang lain, dimana usaha catering yang ada umumya melayani pesta – pesta dan acara besar.
Usaha catering dengan melayani pangsa para pekerja dan anak kos membuat anda mendapatkan orderan secara harian, meski dalam skala keuntungan jumlahnya kecil dibandingkan dengan usaha catering yang melayani partai besar, namun jika anda mendapatkan jumlah pelanggan yang banyak maka otomatis omzetnya juga besar, dan kelebihan usaha catering anda adalah pesanan yang tidak pernah putus sepanjang tahun kecuali hari besar seperti lebaran.
Usaha catering untuk karyawan dan mahasiswa kantoran sebenarnya kalau dipikir secara bisnis akan sangat menguntungkan karena seperti anda, ibu – ibu yang memasak untuk keluarga di rumah usaha ini memasak aneka jenis masakan untuk banyak orang juga. Dengan menu sehari – hari yang sederhana dan sehat anda bisa melayani pemesanan catering untuk mereka. Yang dibutuhkan adalah kreatifitas dalam membuat menu masakan yang tidak membosankan dan rasa masakan yang dapat menyesuaikan dengan lidah banyak orang.
Target Sasaran
Prospek pasar untuk usaha catering ini adalah para pekerja yang masih lajang yang biasanya tinggal di sekitar plaza atau pabrik besar, atau anak kos mahasiswa yang berada di dekat kampus, atau kepada keluarga muda yang jarang memasak dan ingin menghemat pengeluaran dengan memesan catering.
Hambatan
Halangan dari usaha ini tentu saja adalah banyaknya warung dan pedagang kaki lima yang menjual banyak macam makanan sehingga biasanya para konsumen menjadi tergoda dengan jenis makanan yang mereka tawarkan. Namun untuk menyiasatinya anda bisa menawarkan produk catering anda dengan harga yang lebih murah dari harga makanan di pasaran supaya lebih menarik atau anda bisa menawarkan produk cateringnya tidak setiap hari, misalnya 2 hari sekali, atau anda bisa membuat 3 – 4 macam menu sehari yang bisa dipilih sebagai pilihan menu mereka.
Penentuan Harga
Harga yang anda tawarkan per porsinya sebaiknya lebih murah dibandingkan dengan makanan yang ada di pasaran. Paling tidak harganya sama dengan makanan umum yang dijual di pasaran. Meski demikian anda pun boleh menawarkan harga yang sedikit lebih mahal asalkan dengan kualitas makanannya memang lebih baik. Strategi penentuan harga yang murah di saat awal adalah pilihan terbaik untuk masa promosi, jika sudah waktunya tepat kita bisa menaikkan harga sesuai dengan harga pasaran.
Modal usaha
Modal untuk memulai usaha ini memang cukup banyak, mulai dari peralatan dapur yang lengkap seperti kompor, wajan, panci dan peralatan lain untuk memasak, anda juga membutuhkan rantang dalam jumlah yang cukup untuk mengantar makanan yang sudah dipesan ke para pelanggan. Rantang makanan yang dapat dijadikan pilihan adalah yang kedap udara, sehingga saat anda memasak sayur yang berkuah anda dapat menaruhnya di rantang tersebut tanpa takut tumpah. Modal lain yang tak kalah penting adalah kendaraan angkut untuk mengantar pesanan katering yang dapat mengantarkan pesanan catering anda tepat waktu. Anda bisa menggunakan kendaraan sepeda motor yang dilengkapi dengan bak belakang yang cukup lebar untuk menaruh keranjang yang akan membawa rantang makanan. Sepeda motor menjadi pilihan terbaik karena kendaraan ini lincah jika melewati jalan – jalan yang ramai, lagi pula kendaraan ini relatif irit bahan bakar, sehingga lebih menghemat biaya transportasi. Selamat berwiraswasta – Semoga Sukses

0 komentar:

Posting Komentar

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format
 

Designed by: Compartidísimo
Some images by: Scrappingmar