Pengikut

Jumat, 08 Januari 2010

Jualan jus buah – buahan di saat kemarau

Di saat musim kemarau udara panas menyebabkan orang menjadi gerah dan cepat haus. Hampir semua produk minuman laris manis di pasaran karena permintaan yang meningkat. Anda pun bisa memulai usaha penjualan jus buah, dengan menyiapkan aneka macam buah segar yang siap di jus. Usaha penjualan jus buah segar dapat dimulai dirumah dengan peralatan yang sederhana dengan menggunakan blender dan beberapa peralatan makan seperti gelas dan sendok. Jika anda tidak memiliki tempat yang luas untuk berjualan anda bisa menawarkannya dengan bentuk carry out atau di bawa pulang dengan menggunakan gerobak es dorong. Namun anda membutuhkan gelas kemasan yang dapat anda beli di toko plastik atau swalayan sebagai tempat untuk jus buah segar anda.

Meski usaha jualan jus buah ini merupakan usaha musiman, namun dalam perkembangannya usaha ini mampu memberikan keuntungan yang besar karena usaha minuman termasuk berjualan jus buah mampu memberikan keuntungan sampai 2 kali harga pokoknya. Selama musim kemarau masih ada dan udara yang cukup panas, usaha ini dapat menjadi pilihan usaha sampingan yang menguntungkan.
Target sasaran

Hampir semua orang menyukai es jus buah , pangsa pasar anda adalah semua orang. Jika musim kemarau tiba hampir semua orang menyenangi minum es termasuk jus buah, dan jika anda bisa menyajikan minuman es jus buah yang sehat tentu saja banyak orang akan membeli
Hambatan

Usaha berjualan es jus buah merupakan usaha musiman dan hanya laris jika musim kemarau saja. Ini menjadi tantangan bagi anda wiraswastawan untuk membuat produk es jus buah menjadi variatif dan dapat menjangkau para pelanggan tidak hanya saat kemarau saja namun saat musim hujan pun mereka mau membeli produk anda. Penambahan minuman hangat pada saat musim hujan bisa menjadi alternatif, atau jika anda ingin mengembangkannya menjadi lebih besar anda bisa menambah produk – produk roti serta kue basah yang menjadi makanan sampingan mereka selain menikmati es jus buah anda.
Penentuan Harga

Harga es jus uah dapat disesuaikan dengan biaya yang anda keluarkan, penambahan keuntungan sebaiknya tidak mengambil banyak – banyak dulu di saat awal untuk menjangkau pelanggan yang banyak. Harga jus buah segar juga harus mempertimbangkan harga buah segarnya yang mungkin naik turun di pasaran. Harga buah yang cukup mahal seperti durian misalnya biasanya selalu berubah tergantung dengan musimnya.
Modal usaha

Modal usaha untuk berjualan jus buah segar tidaklah terlalu banyak. Anda cukup menyediakan blender yang bagus, serta beberapa toples untuk menyimpan sirup dan potongan buah – buahan. Alat lain adalah gelas kemasan dengan diberi sedotan sehingga penampilan es jus buah anda menarik. Untuk biaya yang cukup mahal mungkin adalah tempat mendisplay dan menata buah – buahan anda, dengan menggunakan rak yang menarik terbuat dari bahan alumunium serta kaca akan lebih menarik lagi. Sekarang ini banyak dari para penjual makanan bahkan menggunakan gerobak dorong atau rombong makanan sehingga jika selesai berjualan mereka bisa langsung mendorong gerobaknya ke rumah.
Tips

Usaha berjualan jus buah membutuhkan kebersihan tempat dan hygienitas yang baik. Penggunaan display yang menarik dan bersih haruslah dipertimbangkan sebagai alasan utama. Alat – alat yang dipergunakan pun harus bersih. Biasanya jika terdapat buah – buahan segar banyak lalat akan datang dan anda haruslah mensiasati agar usaha jalan jus buah – buahan anda bebas lalat. Penggunaan pemanis asli sebaiknya menjadi pilihan utama, anda juga harus memikirkan segi kesehatan dari pelanggan anda dengan menggunakan pemanis yang asli dan buah yang segar.

2 komentar:

semangat baru mengatakan...

blognya bagus,,,,, hebat,,,ngomong2 dah jualan jus belum ni...gak cuma bisa buat lo.

VR Juice mengatakan...

Makasih sarannya ..:)

Posting Komentar

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format
 

Designed by: Compartidísimo
Some images by: Scrappingmar